Resep Membuat Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe Gurih, Bisa Makara Ide Usaha Idulfitri Nanti !! | Info Resep

Resep Membuat Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe Gurih, Bisa Makara Ide Usaha Idulfitri Nanti !!

Dah laaaamaaaaa banget pingin bikin keripik ini. Lihat beberapa kali ada yg posting di fb. Tapi gres mampu (baca: gak males) bikin pas mudik ini.  Bikinnya gampang. Yg butuh ketelatenan pas motong n gorengnya aja.

Kali ini yg aku share rasa original, pake dicelup air garam saja. Kalo mau dibumbui lengkap silahkan saja. Keripik ini mampu dijadikan ladang usaha juga lho. Cuman aku ga sempet nimbang jadi berapa gram alasannya ialah pas goreng ditemenin suami dan setiap kali final goreng dah habis tak bersisa. Yg ini ninggalin beberapa alasannya ialah mertuanya belum ngerasain. Hehe 

Oiya, calon tempe itu ialah tempe yg sudah diberi ragi tapi masih berbentuk kedelai.

Bahan-bahan:

400 gr calon tempe
400 gr tepung kanji
Bahan celupan:
1,5 sdt garam
1 gelas air

Langkah :

Taruh calon tempe kedalam wadah yg besar. Beli calon tempe ke penjual tempe langganan semoga terjamin kualitasnya. Kadang ada tempe yg rasanya asem kan ya.

Masukkan kanji. Campur rata menggunakan sendok atau centong. Jangan hingga kena tangan dan garam. Apalagi bila tangannya kena garam. Ragi akan mati bila tercampur garam.

Campur hingga bergerindil.

Masukkan ke dalam plastik dg menggunakan sendok. Tekan hingga padat. Padaaaat banget. Ikat plastiknya rapat2. Tusuk2 pakai lidi. Bagian ini jangan hingga kelupaan lhoh yaaa.

Ikat dengan tali lali gantung. Digantung gini semoga tetap lingkaran bentuknya. Diamkan selama 24 jam. Saya diamkan selama 36 jam. Ini setelah 24 jam. Jadinya padat menyerupai tempe beneran.

Ini setelah 24 jam. Dipotong2 masih ada bab yg rapuh gripil. Akhirnya aku tambah jadi 36 jam. Ini setelah 36 jam, lebih kokoh dan padat. Potong ya tipis2 yaa. Kalau tebal nanti akan alot. Usahakan pakai pisau yang tajam dan tipis.

Celup ke dalam air garam. Begitu dicelup pribadi digoreng ya. Jangan direndam alasannya ialah nanti akan hancur. Goreng Pakai minyak yg banyak, panas dan api kecil. Nanti balasannya akan putih cantik. Jangan masukkan banyak2 ya, nanti mampu bertumpuk dan lengket.. goreng hingga benar2 matang semoga renyah dan tidak alot. Tandanya minyak sudah damai dan tidak berisik.

Bisa dijadikan ladang usaha. Supaya mampu goreng pagi, start ngaduk n bungkusinnya mampu dimulai sore hari. Nginep 2 malam dan pagi harinya mampu diiris dan di goreng.

Selamat mencoba

0 Response to "Resep Membuat Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe Gurih, Bisa Makara Ide Usaha Idulfitri Nanti !!"

Posting Komentar