Resep dan Cara Membuat Kue Onde Onde Wijen Kacang Hijau Yang Enak | Info Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Onde Onde Wijen Kacang Hijau Yang Enak


Inforesep.info -  Onde-onde merupakan makanan tradisional Indonesia yang turun temurun khas dari jawa yang begitu terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. walaupun tergolong sebagai makanan tradisional, jangan salaha looh ternyata hingga saat ini hidangan onde-onde tetap bisa bertahan hingga sekarang. Rasa yang nikmat dengan sensasi garing serta isian kacang hijau yang begitu lembut dilidah hal inilah yang  menjadi salah satu alasan mengapa onde-onde begitu banyak diminati banyak orang hingga saat ini.

Panganan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan ini biasanya sangat begitu mudah dijumpai. Jika anda jalan-jalan ke pasar atau ke taman kota, penjual gorengan biasanya masih banyak yang menyertakan menu onde-onde ini. Selain itu panganan onde-onde ini juga nikmat dijadikan sebagai cemilan yang dinikmati bersama dengan keluarga di sore hari atau dijadikan sebagai menu jamuan untuk ibu-ibu arisan seeplah kalau begiitu. Oke, bagi anda yang sering kebingungan dengan menu jamuan untuk menjamu para anggota arisan setiap minggunya, maka onde-onde bisa menjadi alternatif menu untuk acara tersebut. Selain nikmat dan lezat, harga satuan dari onde-onde yang dijual di pasaranpun cukup murah atau terjangkau, sehingga anda tak perlu kahwatir jika membeli dalam jumlah banyak.

Namun sebaiknya, untuk lebih ekonomis jika anda sendiri dapat membuatnya dirumah, dengan demikian sisa uang yang masih ada bisa anda belanjakan untuk kebutuhan lain atau mungkin bisa anda simpan sebagai simpanan untuk masa depan anda dan keluarga. Resep membuat onde-onde biasanya cukup sederhana bahan yang digunakanpun tidak terlalu banyak dan tidak terlalu rumit, sehingga anda pun bisa mencobanya dengan mudah. Seperti apa resepnya? Mari Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Isian Kacang Hijau

  • 20 gram Kacang ijo atau hijau, dikupas bersih
  • 125 gram Gula pasir
  • 4 sendok teh vanili bubuk
  • 100 ml santan
  • 4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Baca Juga : Bongkar Resep Kue Pancong Kelapa Yang Lezat dan Gurih

Cara Membuat Isian Kacang Hijau

  1. Langkah pertama, kukus kacang ijo selama kurang lebih 30 menit kemudian angkat dan haluskan. 
  2. Setelah kacang hijau halus, barulah masukkan gula pasir, santan, vanili bubuk, daun pandan dan berikan sedikit garam kemudian campurkan secara merata dan uleni hingga kalis, kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Terkahir bentuklah isian dengan bentuk bulat sebesar kelereng.
  4. Minum air putih dulu yaa biar semangatt hehhe

Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kulit Onde-Onde

  • 75 gram Tepung beras
  • 500 gram tepung Beras ketan
  • 250 gram Gula pasir
  • 150 ml Air hangat
  • 1/2 sdt Vanilla bubuk
  • 1 sendok teh Garam
  • 200 gr biji wijen
  • secukupnya air dingin
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Kulit Onde

  1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung beras, tepung beras ketan, vanili dan garam kemudian aduk hingga merata. 
  2. Selanjutnya tuangkan air panas pada campuran tepung tadi sedikit demi sedikit aduk rata hingga adonan bisa digulung. 
  3. Ambil adonan tepung kira-kira 2 sendok makan dan bentuk pipih kemudian cekungkan dan isikan isian kacang ijo dibagian tengahnya kemudian bulatkan kembali. 
  4. Kemudian celupkan adonan onde yang telah dibulatkan ke dalam air dingin kemudian gulingkan dalam biji wijen. 
  5. Goreng onde dengan minyak panas hingga matang dan mengapung. Angakat dan sajikan.
Itulah Resep dan cara membuat kue onde onde wijen kacang hijau yang enak dan lezat yang bisa anda coba dirumah. Pastikan anda mengikuti seluruh ukuran atau takaran resep yang ada agar rasa tetap sesuai dengan resep yakni enak dan nikmat. setelah di ikuti barulah anda bisa menyesuaikan sesuai selera anda. Mintalah kepada sahabat atau keluargan anda untuk menikmati dan memberikan masukan atas kue onde onde yang telah anda buat. Resep ini bisa juga dijadikan langkah awal bagi anda yang ingin memulai usaha di bidang kuliner.


Selamat mencoba, salam Info Resep.

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Kue Onde Onde Wijen Kacang Hijau Yang Enak"

Posting Komentar