Bongkar Rahasia Resep Donat J.CO (Rahasia Lembut dan Empuknya) | Info Resep

Bongkar Rahasia Resep Donat J.CO (Rahasia Lembut dan Empuknya)

Yuk belajar resep cara membuat donat J.CO yang enak! Tapi sebelumnya anda harus tahu dulu seluk-beluk dari resep donat J.CO ini karena sampai sekarang masih ada yang belum tahu kalau sebenarnya ini adalah brand kue donat asli dari anak Indonesia, jadi bukan produk luar negeri, sekalipun sepintas bisa dikatakan mirip. Dan pada dasarnya, founder dari panganan manis ini tergerak untuk ikut membuat brand sendiri karena waktu itu ada banyak sekali produk dari luar yang masuk ke negara kita, sebut saja yang fenomenal seperti Dunkin Donuts, American Donut dan sebagainya, semuanya ramai-ramai menawarkan franchise / waralaba mereka ke pengusaha-pengusaha, sehingga dengan lahirnya J.CO ini bisa dibilang jadi penyeimbang dari serbuan produk luar tersebut. Nah, Caraspot berharap dengan anda belajar resepnya juga bisa punya inspirasi mendirikan usaha bisnis serupa, ya mungkin dengan menciptakan merek sendiri yang juga bisa nge-trend seperti donat madu, NCC dan sebagainya. 

Resep cara membuat donat J.CO yang lembut, enak dan empuk sebenarnya rahasinya ada pada kesederhanaan penggunaan bahannya serta banyaknya variasi topping yang menawan dengan aneka warna dan rasa yang variatif. Baru melihatnya Anda pasti sudah kepincut apalagi kalau sudah merasakannya. Khusus mengenai toppingnya, para ibu atau wanita muda yang mau praktek bikin saya kira tidak usah terpaku dengan yang sudah ada, Anda juga harus bisa berani bermain warna dan juga jenis bahan yang bisa jadi belum pernah digunakan orang lain, misalnya cari jenis buah yang warnanya menawan dan juga manis yang bisa bikin tampilannya lebih menggoda atau bisa juga buat motif khusus yang unik yang mana bila ada yang melihatnya pasti langsung tertarik membelinya dan sebagainya, yang penting jangan kebanyakan meniru hasil karya orang lain agar punya nama sendiri nantinya.

Resep Donat J.CO NCC yang Enak

resep donat J.CO

Sebenarnya kalau mau mencontoh pembuatan donat J.CO yang paling pas dari segi rasa dan kelembutannya maka NCC (Natural Cooking Club)lah solusinya, selain kamu bisa belajar tips soal bahan dan proses bikinnya, kamu juga bisa tahu apa rahasia dibalik kelembutan dan kelezatan kue donatnya, secara…para netizen di internet hampir tak ada habisnya mencari resep dari pembuatan donat J.CO ini, dan saya kira ini salah satu donut yang paling banyak diburu teknik bikinnya, ya mungkin mau buat usaha kuliner yang terkenal juga seperti ini. Nah berikut penjelasannya: 

Sebelum ini, yuk belajar juga : Resep Donat Ubi Ungu Empuk Lembut

Bahan Pertama:

  • 850 gram tepung. Pilih terigu merek Cakra atau pun Komachi atau terigu jepang.
  • 10 gram garam halus
  • 11 gram dari ragi instant
  • 600 ml air

Bahan Kedua:

  • 200 gram tepung terigu (gunakan yang sama dengan di atas)
  • 125 gram  mentega putih atau shortening
  • 60 gram susu yang berbentuk bubuk
  • 100 gram telur ayam broiler
  • 125 gram gula pasir kasar
  • 10 gram garam

Langkah cara membuat donat J.CO yang lembut:

  1. Awalnya, campur dan aduk dulu bahan yang pertama disebut sampai betul-betul rata. Jika sudah, tinggal diamkan kurang lebih 1,5 jam sambil ditutupi dengan kain atau plastik mika. Nantinya ini akan dijadikan sebagai biangnya.
  2. Adonan pertama yang sudah didiamkan di atas kemudian dicampur dengan bahan B (yang belum diolah), nah pada tahap ini, agar resep bikin donat J.CO yang dibuat bisa lembut dan empuk maka harus diuleni hingga betul-betul kalis, lakukan kurang lebih 15 menit atau kurang, tergantung tampilan adonannya. Setelah itu, diamkan sekitar 15 menit lagi dalam tempat yang ditutup dengan plastik agar mudah mengembang.
  3. Selanjutnya, gunakan gulungan kue mentega untuk menggilas adonan kue donat tersebut hingga didapatkan ketebalan kira-kira 1 cm. Nah tinggal cetak dengan cetakan donat yang sudah kita terangkan. Setelah itu diamkan lagi selama 10 menit.
  4. Jika ukurannya sudah terlihat lebih besar dari sebelumnya (tidak perlu terlalu besar karena biasanya setelah digoreng akan bertambah lagi ukurannya), tinggal goreng dengan menggunakan minyak yang lebih kental/padat dan dengan api yang kecil agar matangnya sempurna. Tinggal bolak balik hingga terlihat kuning kecoklatan.
  5. Tiriskan, beri aneka variasi topping sesuai seleramu dan kue donat J.CO siap dihidangkan. 

Baca Juga : Rahasia Resep Roti Boy Yang Enak, Lembut Dan Empuk

Asal anda tahu saja kalau resep di atas adalah karya dari Ibu Fatmah Bahalwan yang dipublish pertama kali oleh mbak Marisa Tamara dalam blognya dengan alamat yang sama dengan namanya. Dan menariknya, karena ini adalah hasil praktek beliau sendiri yang kemudian dishare untuk teman-teman semua, jadi bisa dibilang lebih layak dijadikan referensi dibanding dengan blog resep yang orang yang nulis sendiri sama sekali tidak pernah buat dan bahkan kalau ditanya apa itu shortening pasti tidak akan tahu sama sekali.

Cara Bikin Topping Glazur

Seperti disinggung di atas bahwa untuk menghasilkan donat yang enak, termasuk J.CO ini, maka pembuatan toppingnya juga sangat mempengaruhi, terutama pada variasi warna dan rasanya. Kalau bisa untuk sekali buat jangan hanya satu warna saja, buat yang lebih banyak jenisnya biar anak senang. Nah kebetulan kali ini kita akan praktek jenis Simple Flavour Glaze, thanks ya dari Caraspot buat Cantik.co.id yang sudah sharing soal ini. 

Bahan:
  • 200 gram mentega putih
  • 1 sdm margarine
  • 2 sdm Sirup (bisa piliha rasa apa saja, paling bagus kalau yang melon atau frambozen dari Marjan)
  • 200 gram Gula pasir yagn dihaluskan
Proses buatnya:
  1. Cairkan dulu mentega putih di atas panci kecil dengan api kecil, lalu tambahkan gula halus dan juga sirup, kemudian aduk hingga rata. Kemudian tambahkan lagi margarine dan aduk rata kembali.
  2. Tinggal, celupkan donat (jangan dioles) selagi glazur tersebut masih hangat.

Ciri khas:

Jika anda sudah mencoba membuat pasti akan tahu sendiri bagaimana bentuk adonananya (selama masih mengikuti resep kue donat J.CO yang diberikan di atas). Jadi bentuknya bisa dibilang agak sedikit lembek karena kandungan cairannya sedikit agak banyak, tapi kita masih bisa menyiasatinya saat diuleni dengan ditambahkan sedikit tepung terigu, tapi jangan terlalu banyak karena bisa rusak tekstur dan rasanya. Hanya saja kelebihannya adalah ia terasa lebih lembut dan halus saat dimakan karena memang bentuk adonannya juga jauh beda dengan cara membuat donat  yang sudah kita bahas tuntas sebelumnya. 

Harga J.CO per Lusin
Saat ini, di tahun 2015 dan mungkin hingga tahun 2016 berlakunya, J.CO Donut memasang harga sebagai berikut:
Beli 2 Lusin = Rp. 106.000
1 Lusin = Rp. 64.000
1/2 Lusin = Rp. 38.000
Per biji : Rp. 6.000

*Catatan: Harga di atas bisa saja berubah, tergantung kebijakan yang dibuat dari pihak J.CO sendiri. Dan mengenai jenisnya ada banyak sekali, tinggal pilih mana yang paling anda sukai, tapi biasanya dibuat dalam satu paket. Misalnya mau beli selusin maka secara default isinya akan dibuat beragam, kecuali ada permintaan lain dari pelanggan.

Alcapone
Berry Spears
Avocado Dicaprio
Black Jack
Chese Me Up
Blue Berrymore
Choco Caviar Chocolate, Caviar Mint, Caviar Strawberry, dan Loco,
Don Mochino
Copa Banana
Hazel Dazzle
Jacky Chunk
Heaven Berry
Jcoccino Glazzy
Jcrown Almond, Chocolate, Donatella dan Oreo
Meisisipi
Mango Blitz
Miss GreenT
Oreology
Mona Pisa
Snow White
Tiramisu
Sugar Ice Why Nut 

Oke, saya kira itu dulu rahasia resep donat J.CO yang lembut dan enak yang bisa kita ulas hari ini, kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan langsung pada redaksi atau lewat komentar di bawah. Dan kami juga sampaikan pada pembaca setia untuk sering-sering LIKE atau SHARE setiap artikel yang sudah dibaca biar lebih banyak lagi yang tahu ilmunya, kan lumayan buat amal jariyah. Saran saya, jangan hanya baca satu artikel, pelajari juga hal lain yang mungkin masih baru buat anda karena semuanya sudah disediakan gratis buat Anda.

1 Response to "Bongkar Rahasia Resep Donat J.CO (Rahasia Lembut dan Empuknya)"

  1. wah boleh nih di coba, lumayan buat camilan di rumah. Kalo mau tau cara membuat camilan sehat, kunjungi artikeldokter.com ya

    BalasHapus