Rahasia Resep Roti Boy Yang Enak, Lembut Dan Empuk | Info Resep

Rahasia Resep Roti Boy Yang Enak, Lembut Dan Empuk


Siapa yang sudah pernah mencicipi kelezatan Roti Boy? Pasti hampir dari kita semua sudah pernah merasakan kelezatan dan lembutnya tektur dari Roti Boy. Nah, sekarang ini kamu sudah bisa membuat Roti Boy dirumah masing-masing karena kami akan menginfokan Rahasia Resep Roti Boy yang Enak, Lembut dan Empuk, yuk disimak.

Berikut Ini Resep Roti Boy Yang Enak Dan Lembut

Bahan Adonan Membuat Roti (18 buah) :

  • 500 gr tepung protein sedang
  • 20 gr susu bubuk
  • 200 – 270 ml air yang hangat
  • 60 gr mentega
  • 8 gr ragi
  • 1 butir telor
  • 75 gr gula pasir
  • 6 gr garam halus

Bahan Topping Roti :

  • 200 gr tepung protein sedang
  • 200 gr mentega
  • 160 gr gula halus
  • 3 butir telor
  • 2 sdk makan kopi instan
  • 1 sdk makan air panas

Bahan isi :

  • 90 gr mentega

Proses Dalam Pembuatan Adonan Roti :

  1. Bisa dilakuakan di atas meja atau di baskom bersih : tepung + air yang hangat + telor + ragi + susu bubuk = diaduk hingga rata ( sekitar 10 menit ).
  2. Lalu kamu bisa tambahkan gula, aduk kembali selama 8 menit sampai gula tidak terasa di tangan lagi atau telah merata pada adonan. Setelah itu adonan mulai terasa lembut bisa ditambahkan garam dan mentega, dan diaduk kembali sampai lembut dan terasa elastis.
  3. Diamkan adonan di dalam baskom dan tutup dengan lap bersih atau plastik.
  4. Letakkan di tempat yang memiliki suhu panas sekitar 30 menit. Sampai adonan telah mengembang sekitar 2 kalinya.
  5. Sambil menunggu adonan mengembang, kamu dapat menyiiapkan adonan toping.
  6. Di dalam mangkuk kecil kamu campurkan air yang panas dan kopi instan lalu diaduk sampai dengan menyerupai pasta, dan sisihkan. Lalu kamu bisa mixer mentega dan gula halus sampai dengan lembut. Tips supaya gula tidak bertaburan saat di mixer, kamu pastikan mentega sudah lembek jadi dapat di aduk menggunakan sendok lalu dimixer. Kemudian masukkan telor dan mixer kembali sampai dengan tercampur. Setelah tercampur kamu masukkan pasta kopi. Awalnya adonan kelihatan memisah tapi sesudah dimixer beberapa saat akan tercampur dan menyerupai cream. Kemudian kamu matikan mixer dan dapat memasukkan tepung ke dalam baskom, cukup diaduk dengan wisk sampai menyatu, lalu kamu masukkan dalam plastik piping lalu simpan di kulkas agar tak mencair.
  7. Setelah adonan roti mengembang, kamu bisa tinju adonan untuk mengempeskannya, lalu timbang 50 gram untuk mendapatkan roti dengan diameter 8 cm. Kamu bulatkan dan tata bola roti pada nampan dan tutup menggunakan lap dan letakkan di suhu panas kurang lebih 10 menit. Adonan tidak akan mengembang tapi hanya membentuk lapisan kulit saja. Jika kamu pegang akan seperti ada kulit di bola roti.
  8. Gunakan mentega untuk isian, kamu potong kotak sekitar 5 gr dan simpan di frezer agar mengeras. Hanya untuk memudahkan pada saat dimasukkan ke dalam adonan roti.
  9. Setelah 10 menit kamu ambil satu bola roti dan pipihkan serta isi dengan mentega. Bungkus dengan mentega rapat-rapat, jangan sampai ada celah. Jika ada celah pada saat dioven mentega akan mengalir ke luar adonan roti.
  10. Lalu diamkan bola roti yang sudah berisi pada suhu panas sampai mengembang 2 kali.
  11. Setelah 30 menit bola roti akan siap untuk dikasih topping. Kamu potong ujung plastik spuit dan semprotkan adonan topping di atas bola roti tersebut. Kamu dapat semprotkan dengan arah melingkar (seperti membentuk obat nyamuk). Kamu cukup setengah bulatan roti yang dikasih topping, jika kebanyakan nanti akan banjir topping dalam oven. Jangan sampai ujung plastik menusuk adonan roti karena roti akan jadi penyok bentuk akhirnya nantinya.
  12. Lalu masukan ke dalam oven 200°C selama 15 menit, sampai dengan permukaan roti berwarna coklat keemasan. Setelah dimasukan oven topping akan mencair dan turun ke bawah, bola roti akan seperti disiram toping. Pada seluruh permukaan bola roti berselimutkan toping lalu akan mengeras. Inilah yang membuat roti boy memiliki kulit krispy.

Selamat mencobanya ini dirumah ya Resep Roti Boy yang Enak, Lembut dan Empuk ini, jangan lupa like dan share juga resep kali ini. :)

Baca Juga : Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Yang Enak



0 Response to "Rahasia Resep Roti Boy Yang Enak, Lembut Dan Empuk"

Posting Komentar