Resep Kue Bugis Ketan Hitam Tradisional yang Enak | Info Resep

Resep Kue Bugis Ketan Hitam Tradisional yang Enak


Inforesep.info - Manis dan legit itlah kue bugis. Ya, hidangan kue tradisional yang dibuat dari bahan dasar tepung ketan serta isian kelapa yang dicampur dengan gula merah yang nikmat akan membawa sensasi yang berbeda dilidah anda, legit ketika digigit dan nikmatnya lelehan isian kelapa serta gula merah yang begitu istimewa membuat hidangan ini benar-benar diminati.

Kue bugis merupakan jajanan pasar tradisional, itulah mengapa tak heran jika ketika anda bertanya pada anak jaman sekarang mengenai kue bugis, maka kening mereka akan langsung berkerut bingung mengenai kue ini. Namun bagi anda para penggemar kue bugis tentu akan selalu mengingat jajanan pasar tradisional yang begitu istimewa ini, sayangnya saat ini hidangan kue bugis jarang sekali tersaji. Saat ini masyarakat lebih cenderung memilih sesuatu yang lebih praktis dan lebih baru, termasuk dalam sajian kuliner. Menyertakan keripik atau makanan siap saji lebih banyak dipilih masyarakat saat ini dibandingkan mempersiapkan jajanan seperti kue-kue tradisional yang notabene pembuatannya lebih rumit. Hal ini pula yang membuat warisan kuliner lokal menjadi semakin pudar dan bukan tidak mungkin secara perlahan akan sirna tergerus jaman.

Nah, dalam rangka melestarikan kembali warisan kuliner dalam negeri, maka tidak ada salahnya mulai saat ini kita dapat menyempatkan waktu dengan belajar membuat kue-kue tradisional untuk kembali dihidangkan. Salah satunya membuat kue bugis. Nah, dengan resep membuat kue bugis kali ini anda akan dipandu bagaimana membuat kue bugis yang legit dan enak.

Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Kue Bugis

  • 50 gram tepung ketan hitam
  • 100 gram tepung ketan putih
  • 15 gram gula tepung
  • 1/2 sendok teh minyak goreng
  • 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa,
  • 50 gram kentang kukus, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh garam dipanaskan, ukur 100 ml, biarkan hangat

Baca juga : Resep Soto Ayam Kudus Enak Mudah

Bahan Isian Untuk Membuat Kue Bugis

  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 50 ml air
  • 1/8 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam

  1. Pertama, kita buat terlebih dahulu bahan isian kelapa untuk kue bugis. Caranya, campur kesemua bahan isian dan masak dalam panci kecil sambil diaduk-aduk hingga kalis. Kemudian setelah kalis diamkan hingga dingin. 
  2. Selanjutnya, kita akan buat bahan kulit kue bugis ketan hitamnya, caranya campurkan bahan ketan putih, ketan hitam, gula tepung, kentang dan garam kemudian aduk hingga merata. 
  3. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga kalis, kemudian tuangkan minyak goreng agar adonan tidak menjadi lengket. Dan uleni hingga merata. 
  4. Ambil sedikit bagian adonan, pipihkan kemudian berikan isian kelapa dibagian tengahnya dan bentuk bulat kemudian tempatkan pada daun pisang dan bungkus. 
  5. Siapkan kukusan dengan api sedang kemudian kukus hingga matang selama kurang lebih 15 menit, sesekali dibuka 2 menit sekali hingga matang.

Baca juga : Resep Cara Membuat Sate Padang Enak Mudah


Demikian Resep Kue Bugis Ketan Hitam Tradisional yang Enak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (bisikan)

0 Response to "Resep Kue Bugis Ketan Hitam Tradisional yang Enak"

Posting Komentar