Resep Cara Membuat Kolak Sukun Manis Lembut | Info Resep

Resep Cara Membuat Kolak Sukun Manis Lembut

Inforesep.info - Resep Cara Membuat Kolak Sukun Manis Lembut |  - Buah sukun merupakan salah satu buah yang mirip dengan roti setelah buntik masak ataupun di goreng. Oleh orang Eropa buah ini dikenal dengan sebutan buah roti. Di beberapa daerah buah sukun di sebut berbagai macam sebutan, seperti dalam Bahasa Sunda disebut Timbul/Kulur, Bahasa Jawa disebut Kluwih, Bahasa Aceh menyebutnya Kulu, dan Bahasa Minang disebut Kalawi. (sumber:Wikipedia)

Buah sukun ini mengandung berbagai macam kandungan protein yang tinggi dan juga karbohidrat yang setara dengan beras. Selain itu juga, buah sukun mengandung banyak zat fitokimia. Dan bagi anda yang mau diet secara alami, cobalah untuk mengonsumsi buah sukun ini. (sumber: JPNN)

Kolak Suku Paling Enak
Kolak sukun ini sangat cocok untuk buntik sajikan saat berbuka puasa nanti, karena rasanya yang manis dan juga teksturnya yang lembut. Sebagaimana yang pernah dijelaskan dalam hadits Nabi, bahwa disunnahkan kepada orang yang berpuasa untuk berbuka mengonsumsi yang manis terlebih dahulu, dan salah satunya adalah kolak sukun. Cara pembuatannya pun bisa di bilang sangat mudah, dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Kolak sukun ini bisa disajikan hangat ataupun dingin. Sesuai selera .Berikut bahan dan cara membuat kolak sukun yang manis, enak, dan lembut.




Resep cara membuat kolak sukun manis enak lembut


Bahan-bahan :
  • 1 buah sukun yang sudah tua
  • 200 gr gula merah
  • 1 liter santan
  • 200 ml air
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sdt garam

Baca juga : Resep Cara Membuat Pizza Keju Rumahan Sederhana

Cara membuat kolak sukun enak lembut :

  1. Kupas buah sukun. Kemudian bersihkan, lalu potong kecil.
  2. Campurkan gula merah dengan air. Lalu masak sampai tercampur rata. Sisihkan.
  3. Didihkan santan. Kemudian masukkan buah sukun, daun pandan, gula merah cair, dan garam. Masak sampai daging sukun menjadi empuk. Angkat, sajikan.

Hemm,, bagiamana buntik? mudah bukan cara membuat kolak sukun ini? Silahkan dicoba

1 Response to "Resep Cara Membuat Kolak Sukun Manis Lembut"